HomeAngkringKeutamaan Membaca Basmalah

Keutamaan Membaca Basmalah

0 4 likes 819 views share

Bagi kalangan Syafi’iyah, basmalah atau bismillah, adalah bagian dari dari surat Al-Fatihah yang wajib dibaca saat melakukan salat. Diluar salat, banyak sekali faedah yang tersembunyi dibalik lafad basmalah. Di sunnahkan bagi kita untuk membaca basmalah ketika hendak melakukan pekerjaan apapun. Selagi pekerjaan itu baik, maka kita disunnahkan untuk membacanya.

Di ceritakan bahwa ada seorang istri yang mempunyai suami yang munafik. Sang istri ini mempunyai keistiqomahan membaca basmalah. Hampir disetiap perbuatannya selalu ia awali dengan membaca basmalah.

Karena suaminya seorang munafik yang tidak suka jika istrinya membaca basmalah, maka suatu ketika suaminya memikirkan sebuah rencana dan ia berkata: ”Akan aku lakukan sesuatu agar istriku melupakan kalimat yang selalu diucapkannya (basmalah)”. Kemudian ia memberikan sebuah kotak kepada istrinya dan berkata: ”Simpanlah kotak itu”. Sebagai seorang istri yang baik, ia pun mematuhi apa yang diperintahkan suaminya. Ia menyimpan kotak itu dan menutupinya serapi mungkin.

Lantas tanpa sepengetahuan istrinya, sang suami mengambil kotak itu. Ia mengambil isinya dan membuang kotaknya ke dalam sumur yang kebetulan letaknya di dalam rumah. Si suami sengaja hendak menjebak istrinya. Ia berpura-pura mencari kotak itu dan menanyakan kepada istrinya. Seketika itu juga si istri langsung mendatangi tempat dimana dulu ia menyimpan kotak itu sambil mengucapkan bismillah. Sesat itu juga, Allah SWT memerintahkan malaikat Jibril untuk turun dan mengambil kotak itu serta mengembalikannya ke tempat semula. Sang istri pun lantas memberikan kotak itu kepada suaminya.

Setelah kejadian itu, sang suami langsung takjub dan seketika itu juga ia bertobat. Cerita ini hanya sebagian kecil dari hikmah membaca basmalah. Masih banyak lagi hikmah-hikmah dan fadilah basmalah.