HomePojok LirboyoMbah Idris dan Mbah Anwar Kembali ke Tanah Air

Mbah Idris dan Mbah Anwar Kembali ke Tanah Air

0 0 likes 2K views share

LirboyoNet, Jakarta – (12/11/2011) Setelah melaksanakan rangkaian Ibadah Haji selama hampir 25 hari, akhirnya Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo KH. A. Idris Marzuqi dan KH. Anwar Manshur, yang tergabung dalam Rombongan Amirul Hajj RI, kembali ketanah Air dengan selamat. Rona bahagia terpancar dari wajah beliau berdua, meskipun kondisinya masih terlihat kelelahan setelah menempuh perjalanan panjang Jeddah-cengkareng.

Pesawat yang mengangkut Rombongan amirul hajj RI, mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng Sabtu malam (12/11/11) tept pukul 21.00 WIB. Selanjutnya Rombongan Amirul Hajj RI beristirahat di VIP ROOM Bandara Sooekarno-Hatta hingga pukul 23.00 WIB, karena menunggu usainya konferensi Pers yang dilakukan oleh Menteri Agama RI dan KH. A. Hasyim Muzadi selaku Pimpinan Amirul Hajj Indonesia tahun 2011.

Beberapa anggtavkeluarga Mbah Yai Idris dan Mbah Yai Anwar, didampingi perwakilan pengurus dan beberapa Alumni senior Pondok Pesantren Lirboyo, asal Jakarta dan banten, berkesempatan menjemput kedatangan beliau berdua di cengkareng. Dari keluarga KH. Idris Marzuqi tampak Ibu Nyai Hj. Addiniyyah, Agus H. A. Muhasyim. Ning Hj. Tuti Amanah Nafisah dan Agus H. Muh. Yasin EMKA. Dari keluarga KH. M. Anwar Manshur tampak ikut menjemput adalah Nyai Hj. Mahfudzotin, Nyai Hj. Aina Ainaul Mardliyah, Ning Hj. Roudlotul Jannah, Agus H. Adibussholeh Anwar. Dari perwakilan pengurus dan Alumni tampak HM. Mukhlas Noer (ketua I PP. Lirboyo), Munifi Zaini (Banten), H. Muhtadi Zaini (Banten), ustadz Munshorun (Jakarta), H. Sholahuddin (Jakartar) dan H. Tsauban (Jakarta).

Usai meninggalkan Bandara Soekarno Hatta, KH. A. Idris Marzuqi, KH. A. Anwar Manshur beserta keluarga dan rombongan penjemput, menginap kediaman KH. A. Hasyim Muzadi di komplek PP. Al Hikam Depok Jawa Barat. Keesokan harinya (13/11) Ba’da sholat subuh, KH. Moh. Anwar Manshur bersama KH. A. Idris Marzuqi di daulat, memimpin doa bersama yang diikuti oleh seluruh santri PP. Al Hikam Depok. Hal ini adalah agenda khusus yang direncanakan oleh KH. A. Hasyim Muzadi, semenjak beliau di tanah suci, KH. Hasyim Muzadi mengharapkan agar KH. A. Idris Marzuqi dan KH. Moh. Anwar Manshur berkenan singgah di PP. Al Hikam Depok untuk ndungani (mendo’akan-red) Pondok Pesantren  dan seluruh santri beliau.

Pada pukul 07.00 WIB KH. A. Idris Marzuqi beserta keluarga dengan didampingi perwakilan pengurus dan beberapa Alumni, berangkat menuju Surabaya via Cengkareng-Juanda. dan beberapa saat selanjutnya KH. Anwar Manshur beserta keluarga tepat pukul 10.00 WIB keluar dari kediaman KH. A. Hasyim Muzadi juga menuju Surabaya Cengkareng-Juanda.

Tepat pukul 11.09 WIB KH. Idris Marzuqi beserta rombongan mendarat di Juanda, beliau disambut oleh adik ipar beliau KH. Thoha Khozin (Probolinggo) dan keluarga, yang sekaligus menjemput putra KH. Thoha Khozin, Agus HM. Yasin EMKA, yang juga beribadah Haji atas undangan dari Robithoh Alam Islami. Selain Keluarga KH Idris, tampak pula beberapa orang perwakilan pengurus yang berkesempatan menjemput KH. Ahmad Idris Marzuqi. Selanjutnya beliau beristirahat di kediaman beliau di daerah Medaeng Sidoarjo. Dan selanjutnya melanjutkan perjalanan menuju Lirboyo keesokan harinya.

Beberapa saat kemudian, tepatnya pukul 15.30 WIB. KH. M. Anwar Manshur juga mendarat dengan selamat, dibandara juanda surrabaya. kerawuhan beliau disambut oleh seluruh putra-putri dan beberapa cucu beliau, tampak juga beberapa orang pengurus Pondok Pesantren Lirboyo. Selanjutnya beliau beserta rombongan penjemput menuju Pondok Pesantren Paculgowang Jombang untuk berziarah ke makam Leluhur beliau. Usai melakukan Ziarah, KH. M. Anwar Manshur beserta rombongan berangkat menuju Lirboyo. riff