HomePojok LirboyoMHM Tuntaskan Pelaksanaan Muhafazhah

MHM Tuntaskan Pelaksanaan Muhafazhah

0 0 likes 1.2K views share

LirboyoNet, Kediri – MHM (Madrasah Hidayatul Mubtadi-ien) Lirboyo Kota Kediri, baru saja melaksanakan agenda Muhafazhah Akhirussanah, sebuah gawe besar yang dinanti-nantikan oleh siswa MHM, agenda kegiatan tahunan ini dilaksanakan satu minggu penuh mulai jum’at hingga kamis kemarin (25-30 Mei Juni 2012) di gedung An-nahdlah komplek Aula Al-Muktamar PP. Lirboyo.

Muhafazhah akhirussanah adalah ujian lisan terhadap Nazhom atau bait-bait pelajaran yang ada ditingkatan masing-masing, jumlah yang diujikan tergantung masing kelas, sebab jumlah nazhom yang diujikan masing-masing berbeda. Ujian lisan ini juga menjadi momen yang sangat menentukan bagi siswa MHM, karena hasil yang dicapai mejadi penentu bisa tidaknya seorang siswa mengikuti ujian.

Ketua pelaksana Muhafazhah Akhirussanah Habib Romdlon menjelaskan “Muhafazhah adalah syarat penting yang harus dilaksanakan siswa MHM, jika dia mendapat predikat Jayyid (hafalan  Sempurna) atau  Mutawasith (Hafalan standar) maka dia bisa mengikuti ujian semester genap, namun sebaliknya, jika hasil yang didapat Rodi’ (Hafalah rendah) maka dia tidak boleh mengikuti ujian dan wajib mengikuti ujian lisan susulan.” Ujarnya menjelaskan.

Dari data yang dihimpun oleh Crew Lirboyo.net, sekitar 5030 siswa MHM mengikuti agenda penting ini, mereka terbagi atas kelas dan tingkatan masing-masing, karena jumlah peserta muhafazhah yang mencapai ribuan dan keterbatasan tempat, maka ujian Muhafazhah terbagi menjadi beberapa hari. Data sementara yang masuk untuk indeks prestasi siswa, tahun ini mengalami kenaikan sedikit dibanding tahun kemarin, sekitar 0,31 %.Riff