HomeAngkringBetapa Istimewanya Sholawat

Betapa Istimewanya Sholawat

0 1 likes 879 views share

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari seringkali kita lupa untuk melakukan ibadah sunnah. Disaat kita sudah tersibukan oleh urusan dunyawiyah terkadang kita hanya ingat untuk melaksanakan ibadah-ibadah yang bersifat wajib saja, sehingga kita lupa dengan ibadah yang bersifat sunnah. Padahal banyak sekali pahala dan faedah dari ibadah sunnah itu sendiri. Salah satu contohnya adalah membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW, yang pahala dan faedahnya begitu besar. Di dalam Alquran maupun hadis banyak sekali perintah untuk kita, agar memperbanyak zikir kepada Allah SWT lebih-lebih sholawat kepada Nabi. Disamping sebagai bentuk ibadah, zikir atau sholawat ini juga bertujuan agar kita selalu ingat kepada Allah SWT dan Nabi-Nya. Dan perlu kita ketahui bersama bahwa sholawat merupakan zikir yang paling utama. Sebab Nabi Muhammad SAW adalah sosok makhluk yang utama dan makhluk yang dispesialkan oleh Allah SWT.

Membaca sholawat adalah sebuah bentuk doa kepada Rasulullah SAW, karena berkat jasanya kita semua dapat keluar dari lembah kegelapan menuju alam terang benderang seperti ini. Untuk itu sudah sewajarnya kita berterima kasih kepada Rasulullah dengan mendoakan sholawat kepadanya. Sebagai bentuk rasa syukur dan kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW.

Mengenai sholawat kita bisa melihat dengan jelas di dalam Alquran surat Al-Ahzab  ayat: 56 yang berbunyi: “Sesungguhnya Allah SWT dan malaikat-malaikatnya bersholawat untuk Nabi Muhammad, hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”.  Ayat Ini adalah perintah untuk kita agar mebaca sholawat. Yang tujuannya adalah mendoakan, menyanjung, dan memuliakan kepada Rasulullah SAW.

Dalam ayat di atas kita juga bisa melihat betapa spesialnya Rasulullah SAW, karena dalam ibadah-ibadah lain Allah SWT hanya memerintahkan kepada hamba-hambanya, namun dalam hal sholawat, Allah SWT menyebutkan bahwa Allah sendiri mendoakan sholawat kepada Nabi, kemudian Allah memerintahkan malaikat-malaikatnya, setelah itu baru Allah SWT memerintahkan orang-orang yang beriman agar membaca doa sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Untuk itu, Kalau Tuhan Sang Pencipta dan malaikat saja bersholawat,  kita sebagai umat yang telah diselamatkan oleh Rasulullah sudah seharusnya membaca doa sholawat untuknya dan sebagai bentuk terima kasih kita kepadanya.

Dalam hadis disebutkan bahwa ada perbuatan yang apabila kita melakukanya, maka kita termasuk orang yang tercela:

  1. seseorang yang membuang air kecil sambil berdiri.
  2. Seseorang yang mengusap dahinya sebelum ia selesai melakukan salat.
  3. Seseorang yang mendengarkan azan namun ia tidak menirukan apa yang diucapkan muadzin.
  4. Seseorang yang apabila mendengar nama Nabi Muhammad SAW disebut akan tetapi ia tidak membaca doa sholawat atasnya.

Disamping sholawat adalah sebuah bentuk ibadah, sholawat juga memliki banyak sekali faedah. Dalam sebuah hadis disebutkan, “Barangsiapa yang membaca sholawat tujuh puluh kali, maka malaikat akan mendoakan kepada orang itu dan segala hajatnya akan dipenuhi”. Ini merupakan salah satu dari kehebatan dan keutamaan membaca sholawat. Dalam hadis lain juga dijelaskan bahwa Nabi Muhammad berkata; “Tidak ditemukan dari kalian semua seseorang yang mendoakan salam kepadaku  kecuali malaikat Jibril akan datang kepadaku dan berkata: ‘Wahai Muhammad bahwa fulan bin fulan ini telah mendoakan salam kepadamu’, maka saya (Nabi) berkata: ‘semoga ia mendapat keselamatan, rahmat, dan barokah dari Allah SWT’.”

Begitu banyak fadilah dengan kita membaca sholawat, untuk itu marilah kita memperbanyak bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW, karena dengan membaca sholawat kita akan mendapatkan pahala dan tentunya kelak kita akan mendapatkan syafa’at langsung dari baginda agung Muhammad SAW. []