1.061 views

Mengidolakan Korean Artist atau Kang Santri

Belakangan ini kita telah familiar dengan adanya Oppa-oppa Korea yakni para artis K-Pop dan juga artis drama sinetron Korea. Apalagi di kalangan kaum hawa di mana seakan hal ini sudah menjadi gaya hidup sehari-hari.

Produksi perfilman Korea memang tengah berada pada puncaknya. Dimana dalam genre film apapun seakan negara ini berhasil membuat karya yang tak kalah dengan film sekelas Hollywood.

Dengan keunggulan yang berupa memiliki artis yang rata-rata berparas cantik dan tampan dunia perfilman dan hiburan Korea banyak diminati kalangan muda-mudi.

Bahkan gaya hidup dan trend style berpakaian sekarang banyak yang mengiblat pada negara dengan ibukota Seoul itu. Yang lebih ekstrim lagi banyak kaum hawa yang tergila-gila dengan para artis K-Pop dan drama Korea tersebut.

Merespon hal tersebut dalam ajaran Islam memang sebenarnya secara jelas syariat telah menjelaskan permasalahan tersebut. Sebagaimana dulu di zaman Rasulullah Saw juga pernah ditemukan seorang wanita yang begitu mencintai nabi Muhammad Saw hingga wanita tersebut pun mengungkapkan rasa cintanya dihadapan baginda Rasulullah.

Sebagaimana dalam sebuah hadis:

ﺣﺪﺛﻨﺎ ﻋﻠﻲ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ اﻟﻠﻪ ﺣﺪﺛﻨﺎ ﻣﺮﺣﻮﻡ ﻗﺎﻝ: ﺳﻤﻌﺖ ﺛﺎﺑﺘﺎ اﻟﺒﻨﺎﻧﻲ ﻗﺎﻝ: ﻛﻨﺖ ﻋﻨﺪ ﺃﻧﺲ ﻭﻋﻨﺪﻩ اﺑﻨﺔ ﻟﻪ، ﻗﺎﻝ ﺃﻧﺲ: ﺟﺎءﺕ اﻣﺮﺃﺓ ﺇﻟﻰ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ، ﺗﻌﺮﺽ ﻋﻠﻴﻪ ﻧﻔﺴﻬﺎ، ﻗﺎﻟﺖ: ﻳﺎ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ! ﺃﻟﻚ ﺑﻲ ﺣﺎﺟﺔ؟ ﻓﻘﺎﻟﺖ ﺑﻨﺖ ﺃﻧﺲ: ﻣﺎ ﺃﻗﻞ ﺣﻴﺎءﻫﺎ، ﻭاﺳﻮﺃﺗﺎﻩ ﻭاﺳﻮﺃﺗﺎﻩ. ﻗﺎﻝ: ﻫﻲ ﺧﻴﺮ ﻣﻨﻚ، ﺭﻏﺒﺖ ﻓﻲ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻓﻌﺮﺿﺖ ﻋﻠﻴﻪ ﻧﻔﺴﻬﺎ.رواه البخاري ٥١٢٠

Artinya: Telah menceritakan kepada kami Ali bin Abdullah, Telah menceritakan kepada kami Marhum bin Abdul Aziz bin Mihran, ia berkata;
Aku mendengar Tsabit Al Bunani berkata; Aku pernah berada di tempat Anas, sedang ia memiliki anak wanita. Anas berkata : “Ada seorang wanita datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam lalu menawarkan dirinya kepada beliau”. Wanita itu berkata : ‘Wahai Rasulullah, adakah Anda berhasrat padaku? lalu anak wanita Anas pun berkomentar : Alangkah sedikitnya rasa malunya, Anas berkata : “Wanita lebih baik daripada kamu, sebab ia suka pada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, hingga ia menyatakan perasaannya pada beliau”. HR. Bukhari.

Dari keterangan hadis diatas ulama’ menjelaskan bahwa boleh-boleh saja bagi seorang wanita untuk menyatakan perasaannya pada orang yang ia kagumi atau ia cintai. Namun bukan cinta buta yang hanya lahir dari pandangan mata saja melainkan cinta yang tumbuh akibat adanya kemuliaan pada seorang laki-laki. Kemuliaan tersebut meliputi kesalehan, keutamaan, tingginya ilmu, kemuliaan akhlak, atau jenis-jenis kemuliaan agama lainnya.

Baca juga: Bijak Memilih Bestie

Sebagaimana dalam syarh kitab Sohih Bukhari dijelaskan:

شرح البخاري للابن بطال ج ٧ ص ٢٢٧.
ﻗﺎﻝ اﻟﻤﻬﻠﺐ: ﻓﻴﻪ ﺟﻮاﺯ ﻋﺮﺽ اﻟﻤﺮﺃﺓ ﻧﻔﺴﻬﺎ ﻋﻠﻰ اﻟﺮﺟﻞ اﻟﺼﺎﻟﺢ ﻭﺗﻌﺮﻳﻔﻪ ﺑﺮﻏﺒﺘﻬﺎ ﻓﻴﻪ ﻟﺼﻼﺣﻪ ﻭﻓﻀﻠﻪ، ﻭﻟﻌﻠﻤﻪﻭﺷﺮﻓﻪ، ﺃﻭ ﻟﺨﺼﻠﺔ ﻣﻦ ﺧﺼﺎﻝ اﻟﺪﻳﻦ.

Artinya: Mahlab berpendapat “Dari hadis diatas mengindikasikan diperbolehkannya seorang wanita menawarkan dirinya (untuk dinikahi) pada laki-laki yang solih, serta menyatakan perasaan cintanya pada lelaki tersebut dengan latar belakang kesalahan, keutamaan, ilmu, kemuliaan, atau jenis kemuliaan agama lainnya.”

Kenapa mesti demikian?

Kita semua mesti sudah tau apa saja tugas seorang laki-laki dalam memimpin bahtera rumah tangga. Mulai dari tanggung jawabnya mencari nafkah yang halal bagi keluarga, menjadi imam dan mendidik akhlak istri dan anak-anaknya, hingga bertanggung jawab penuh atas baik buruknya keluarga yang ia bina.

Oleh karenanya kita bisa memahami bahwa lelaki idaman yang patutnya di idolakan bukanlah sebatas lelaki yang memiliki good looking/tampang yang tampan layaknya artis-artis Korea, melainkan para lelaki yang memiliki kecakapan ilmu dan akhlak yang baik khususnya seperti kang-kang santri.

Karena sekali lagi kalau kita bicara santri hakikatnya kita berbicara tentang calon ulama’ yang senantiasa menjadi pelita alam semesta.
Wallahu a’lam.

Simak juga: Nasionalisme Religius

Mengidolakan Korean Artist atau Kang Santri | Mengidolakan Korean Artist atau Kang Santri

31

2 thoughts on “Mengidolakan Korean Artist atau Kang Santri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.