HomePojok LirboyoMasyayikh Lirboyo Bersiap Menjalani Rukun Haji

Masyayikh Lirboyo Bersiap Menjalani Rukun Haji

0 0 likes 441 views share

LirboyoNet, Makkah – (01/11/2011) Detik-detik puncak pelaksanaan ibadah haji, semakin dekat, hal ini membuat sibuk banyak pihak terutama para jamaah Haji asal Indonesia. Mereka mulai berbenah diri untuk melaksanakan semua rukun haji. Hal sama juga dilaksanakan oleh para Masyayikh Pondok Pesantren Lirboyo, yang tergabung dalam Amirul Hajj Republik Indonesia.

Kontributor lirboyo.net yang juga mendampingi kegiatan KH. A. Idris Marzuqi dan KH. M. Anwar Manshur. Ustadz Tajuddin menjelaskan, bahwa hingga saat ini keadaan Mbah Yai berdua baik-baik saja, “ Bahkan Mbah Yai Idris semakin sehat bugar, beliau mampu melaksanakan umroh bersama kami dan rencananya malam nanti beliau berdua akan melaksanakan ibadah Thowaf lagi.” Ujarnya.

Ustad muda tamatan MHM tahun 2010 ini menambahkan, selama pelaksanaan ibadah haji, Mbah Yai Idris dan Mbah Yai Anwar bisa bertemu dengan Dzuriyyah Lirboyo lain yang kebetulan pada tahun ini menjalankan Ibadah Haji, mereka bertemu pada saat melaksanakan Thowaf Sa’i Umroh. Mbah Yai Idris dan Mbah Yai Anwar bertemu dengan KH. Abdullah Kafabihi Mahrus beserta ibu Nyai, Kyai Abdul Kholiq Ridlwan, Agus Ibrahim Hafidz dan beberapa Alumni Lirboyo.

Selama pelaksanaan Ibadah Haji, Mbah Yai Idris dan Mbah Yai Anwar tidak bermaktab di Hotel seperti kebanyakan Jamaah haji Indonesia yang lain, akan tetapi beristirahat di Kantor Safaroh Indonesia. Di daerah siza dekat Minna sebelum Nafaq Malik Fahat, karena beliau berdua bersama KH. Hasyim Muzadi dan beberapa staf Kementerian Agama RI adalah Delegasi Amirul Hajj Republik Indonesia.

Selain menjalankan ibadah Haji Mbah Yai Idris dan Mbah Yai Anwar, melaksanakan misi Amirul Hajj, yakni melaksanakan rapat bersama petugas Haji dan mensurvey hunian Jamaah Indonesia, “Jumat hingga Ahad kemarin, beliau berdua ke Madinah dengan agenda yang sama,” Ujar Ustadz Tajuddin Menambahkan. puncak pelasaknaan Ibadah Haji tahun ini akan jatuh pada hari Sabtu lusa, dengan ditandai pelaksanaan Wukuf di padang Arafah. “Insya Allah Mbah Yai akan kundur (pulang.red) ke tanah Air sebelas hari lagi ( 17/11)” Ujarnya menambahkan. Tapi beliau tidak langsung plang ke Kediri tapi ingin singgah dulu di jakarta, untuk mengikuti beberapa agenda Kemenag. riff