9 views

Adab Terbangun dari Tidur

Adab Terbangun dari Tidur

Ketika terbangun dari tidur, berusahalah untuk bangun sebelum keluarnya fajar. Hal yang pertama dilakukan ketika bangun adalah zikir kepada Allah dalam hati maupun lisan. Maka, ucapkanlah:

ِاَلْحَمْدُ لله الَّذِيْ اَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْر

Karena Rasulullah SAW, bersabda dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori:

يَعْقِدُ الشَّيْطَانُ عَلَى قَافِيَةِ رَأْسِ أَحَدِكُمْ إِذَا هُوَ نَامَ ثَلاَثَ عُقَدٍ يَضْرِبُ كُلَّ عُقْدَةٍ عَلَيْكَ لَيْلٌ طَوِيلٌ، فَارْقُدْ فَإِنِ اسْتَيْقَظَ فَذَكَرَ اللَّهَ، انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ، فَإِنْ تَوَضَّأَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ، فَإِنْ صَلَّى انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ، فَأَصْبَحَ نَشِيطًا طَيِّبَ النَّفْسِ وَإِلَّا أَصْبَحَ خَبِيثَ النَّفْسِ كَسْلاَنَ

Setan berada di tengkuk (sebelah belakang leher) kepala seseorang dari kalian saat dia tidur dengan tiga tali ikatan dan syaitan mengikatkannya sedemikian rupa sehingga setiap ikatan diletakkan pada tempatnya lalu (dikatakan) kamu akan melewati malam yang sangat panjang maka tidurlah dengan nyenyak.

Jika dia bangun dan mengingat Allah maka lepaslah satu tali ikatan. Jika kemudian dia berwudhu’ maka lepaslah tali yang lainnya dan bila ia mendirikan shalat lepaslah seluruh tali ikatan dan pada pagi harinya ia akan merasakan semangat dan kesegaran yang menenteramkan jiwa. Namun bila dia tidak melakukan seperti itu, maka pagi harinya jiwanya merasa tidak segar dan menjadi malas beraktifitas“.

Dengan demikian, membaca doa setelah bangun dari tidur selain menjadi kesunahan bagi setiap muslim, juga menjauhkan dari godaan-godaan setan di sepanjang harinya.

Adab Terbangun dari Tidur

Baca juga: Membangunkan Orang yang Belum Salat
Lihat: Muharam, Momentum Bermuhasabah
Baca juga: Amalan Bulan Mulia Muharram
Jangan lupa buka juga: Hukum Tidur di Masjid
Baca juga: Kiai yang Tak Pernah Tidur
Tonton juga: Istighasah Menghadapi Musibah

0

One thought on “Adab Terbangun dari Tidur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.