7 views

Kepedulian Islam dalam Kekeluargaan

Kepedulian Islam dalam Kekeluargaan

Kepedulian Islam dalam masalah kekeluargaan, sudah dijamin dengan adanya beberapa hukum dalam kekeluargaan. Dalam syariat pun sudah terperinci akan hal tersebut. Banyak sekali dalam surat Al-Quran atau hadis Rasulullah Saw; yang membahas perihal waris, wasiat, nikah, talak, dan lain sebagainya.

Juga telah disebutkan beberapa sebab-sebab yang menimbulkan perpecahan dalam kasih sayang.

Pertama, Talak

Dalam Islam, talak merupakan sesuatu yang sangat-sangat merugikan dalam sebuah hubungan. Perpisahan antara dua pasangan pun terjadi karena hal ini. Talak juga akan mengakibatkan anak-anak mereka tersia-siakan. Menjadikan kasih sayang berbalik menjadi kebencian. Ini adalah sebab talak tidak direkomendasikan dalam Islam.

Kedua, durhaka pada kedua orang tua

Sesungguhnya syariat melarang dan memberikan peringatan akan hal tersebut. Menganjurkan setiap muslim agar selalu berbuat baik kepada keduanya, sudah jelas tertera dalam Al-Quran dan hadis. Hak kedua orang tua berhubungan langsung dengan hak Allah, seperti firman Allah dalam surah Al-Isra’ ayat 23-24 :

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوٓا۟ إِلَّآ إِيَّاهُ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِندَكَ ٱلْكِبَرَ أَحَدُهُمَآ أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُل لَّهُمَآ أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.

Rasulullah pun telah bersabda:

ثلاثة لا ينظر الله اليهم يوم القيامة العاق لوالديه ومدمن الخمر والمنان.

“Tiga orang yang Allah tidak akan melihatnya di Hari Kiamat; Orang yang durhaka pada orang tua, pecandu khamr (minuman keras atau sejenisnya), dan orang yang mengharapkan apa yang ia berikan.”

Tidak ada yang meragukan bahwa durhaka kepada kedua orang tua merupakan dosa yang sangat besar.

Ketiga, memutus silaturahim.

Islam juga melarang hal ini, karena ada firman Allah dalam Surah Muhammad ayat 22 :

فَهَلۡ عَسَيۡتُمۡ اِنۡ تَوَلَّيۡتُمۡ اَنۡ تُفۡسِدُوۡا فِى الۡاَرۡضِ وَتُقَطِّعُوۡۤا اَرۡحَامَكُمۡ

Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa kamu akan membuat kerusakan di muka bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan?

Terakhir adalah zina. Hal ini adalah yang paling merusak kekeluargaan. Rusaknya moral sebuah bangsa, ditengarai dengan bebasnya pergaulan. Tidak ada batasan antara laki-laki dan perempuan. Berapa banyak orang yang harus kehilangan masa depannya yang emas akibat perzinaan.

Semoga kita semua dijaga oleh Allah dari segala sesuatu yang merusak kekeluargaan dengan cara Islam.

Baca juga: SAAT NABI DITANYA SOAL KEWANITAAN
Simak juga: KENAPA HARUS MEMONDOKKAN ANAK? || KH. ABDULLAH KAFABIH

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.